JANGAN IKUT FOMO

Kalian mungkin tidak asing dengan kata FOMO? Singkatnya, FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa takut merasa “tertinggal” karena tidak mengikuti aktivitas tertentu. Sebuah perasaan cemas dan takut yang timbul di dalam diri seseorang akibat ketinggalan sesuatu yang baru, seperti berita, tren, dan hal lainnya. Rasa takut ketinggalan ini mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, menjalani kehidupan yang lebih baik, atau mengalami hal-hal yang lebih baik.

Kita semua pernah merasakan FOMO (Fear of Missing Out). Baik itu terkait usaha untuk mendapatkan reservasi di restoran terbaru yang sedang tren atau tiket konser, semua orang pernah mengalami rasa takut ketinggalan terhadap sesuatu. Meskipun sulit untuk mengendalikan perasaan ini dalam kebanyakan kasus, satu tempat di mana anda sebaiknya menggunakan daya tahan terkuat anda adalah saat membuat keputusan tentang peluang investasi. Ketika anda membuat keputusan investasi, tetaplah ingat frasa ini, “NO GO to FOMO.”

Tren dan Pengaruh
Kita semua telah melihat peningkatan minat dalam investasi online dan ledakan aset digital serta meme mengenai saham dan kripto. Memahami jenis investasi ini mungkin terasa membingungkan. Aset digital mencakup kripto-mata uang, koin, dan token seperti yang ditawarkan dalam penawaran koin awal (ICO). Saham meme mungkin didasarkan pada popularitas internet dan pandangan sosial, bukan nilai saham tradisional seperti kinerja perusahaan. Dan, jangan lupakan NFT (token non-fungible). Sebuah NFT memiliki kode unik yang memungkinkannya diidentifikasi sebagai sesuatu yang dapat dimiliki secara digital. Ini ditemukan pada blockchain, yang merupakan jenis buku besar digital. Bayangkan NFT sebagai kepemilikan digital sesuatu seperti karya seni, memorabilia olahraga, foto, dll.

Anda mungkin melihat atlet, entertainer, atau influencer media sosial favorit anda yang mempromosikan jenis peluang investasi. Meskipun menggoda, jangan pernah membuat keputusan untuk berinvestasi hanya berdasarkan rekomendasi mereka. Dan, hanya karena orang lain di sekitar anda mungkin ikut serta dalam peluang-peluang ini, tidak berarti anda harus melakukannya. Tidak setiap peluang investasi cocok untuk semua orang. Tahanlah godaan dan ingatlah frasa kita, “NO GO to FOMO.”

Perubahan Pasar
Membeli dan menjual investasi karena tren dan pengaruh karena takut ketinggalan bukanlah cara terbaik untuk merencanakan masa depan keuangan yang kuat. Perubahan pasar adalah hal yang tidak dapat dihindari. Dan seperti yang telah kita lihat, banyak investasi tren dapat mengalami volatilitas yang tinggi. Kita telah melihat kenaikan tinggi dan penurunan rendah. Investasi jenis ini mungkin menarik pada awalnya, tetapi begitu keunikan menghilang, beberapa investor mungkin memutuskan untuk beralih ke sesuatu yang lain, yang dapat menyebabkan investasi mengalami penurunan signifikan. Bagaimana perasaan anda jika investasi anda kehilangan 20, 30, atau bahkan 50 persen dalam satu hari? Cara terbaik untuk melindungi diri selama perubahan pasar adalah dengan membuat portofolio investasi yang memiliki campuran aset, seperti saham, obligasi, dan uang tunai. Termasuk berbagai jenis aset dalam portofolio anda untuk mengurangi risiko dan dampak volatilitas pada portofolio secara keseluruhan. Juga penting untuk melakukan diversifikasi dalam kelas aset, seperti tidak menempatkan semua uang anda dalam satu atau dua saham. Sebaliknya, sebarkan di sektor industri yang berbeda. Dengan cara ini, jika anda ingin mencoba investasi “cutting edge” yang mungkin mengalami volatilitas tinggi, anda mungkin lebih terlindungi dari penurunan. Frasa kita, “NO GO to FOMO,” bahkan berlaku untuk mencoba mengatur waktu pasar. Waktu di pasar yang penting, bukan mengatur waktu pasar.

Apa yang Seharusnya Anda Takut Ketinggalan?
Merencanakan masa depan keuangan Anda. Jika Anda belum membuat rencana tabungan dan investasi, lakukan segera. Tentukan tujuan anda dan susun rencana investasi jangka panjang yang memenuhi tujuan tersebut. Melunasi kartu kredit atau utang bunga tinggi lainnya juga merupakan sesuatu yang sebaiknya anda masukkan ke dalam rencana anda. Biasanya, tidak ada investasi yang akan memberi anda hasil yang sebanding dengan suku bunga tinggi, dua digit. Menyingkirkan utang itu adalah pengembalian yang dijamin dari uang yang selalu dapat anda andalkan. Anda juga tidak ingin ketinggalan keuntungan dari bunga majemuk. Bunga majemuk memungkinkan anda mendapatkan bunga dari uang yang anda simpan dan dari bunga yang uang itu hasilkan. Anda dapat melihat uang anda berkembang dari waktu ke waktu bahkan jika anda hanya menyimpan sejumlah kecil uang saat ini. Semakin cepat anda mulai, semakin banyak uang yang kemungkinan besar anda miliki dalam jangka panjang.

Daya Tahan
Meskipun FOMO mungkin selalu menjadi bagian dari kehidupan kita, itu tidak harus mengendalikan hidup anda. Gunakan daya tahan terkuat anda untuk menghindarinya. Katakan “NO GO to FOMO” – tetaplah pada rencana jangka panjang anda dan jangan membuat keputusan investasi berdasarkan takut ketinggalan.