Istilah Kripto Bagian 3

Jika EPS2 kemarin kita bahas Jual Beli, sekarang kita bahas perbedaan pada Pump dan Dump. Harga sebuah komoditas baik aset digital dan aset lainnya selalu dipengaruhi oleh hukum ekonomi yaitu Supply(Pasokan) and Demand(Permintaan). Hubungan antara harga dan ketersediaan di pasar.

Perbedaan utama pada pump dan dump adalah volume penjualannya. Volume penjualan adalah jumlah aset yang diperdagangkan selama periode tertentu. Tujuan dari volume trading adalah untuk mencari tahu tingkat permintaan dan penawaran di pasar dengan memeriksa pergerakan volume. Pada aktivitas Pump dan Dump terjadi siklus lonjakan harga aset kripto secara drastis.

Pump
Secara teknis, aktivitas ini merupakan siklus lonjakan harga aset yang naik secara drastis. Hal tersebut terjadi karena paus membeli banyak koin sehingga menimbulkan aktivitas pump. Tetapi faktor ini juga tetap dipengaruhi dengan tren pasar, jika banyak orang yang beli dalam satu periode bakal terjadi pump.

Dump
Jika Pump terjadi kenaikan harga yang pesat, maka Dump adalah kebalikannya. Ketika aktivitas paus yang menjual aset dalam satu waktu serentak, sehingga menimbulkan aktivitas dump yaitu harga aset bakal turun. Tetapi faktor ini juga tetap dipengaruhi dengan tren pasar, jika banyak orang yang menjual aset secara instan. Jika ingin nilai aset anda berharga, mari hold aset anda dan jual seperlunya tanpa melakukan jual instan.